JENIS AYAM HIAS UNIK DAN LANGKAH - SEMUA CARA BUDIDAYA HEWAN

Breaking

Minggu, 24 Januari 2016

JENIS AYAM HIAS UNIK DAN LANGKAH

Ayam adalah salah satu sumber makanan berkaya protein nabati yang terkandung sangat besar, dan bukan hanya untuk olahan atau lauk pauk  saja, di kalangan penghoby, ayam merupakan salah satu peliharaan yang cukup mudah untuk merawatnya dan cukup menjanjikan menjadi jutaan rupiah.

Dalam hal ini banyak jenis ayam yang aneh,indah dan unik seperti di bawah ini ayam unik,
di bawah ini adalah jenis ayam yang tergolong unik dan langkah :

AYAM PINGUIN


AYAM TELANJANG


Dilansir Amusing Planet, ayam tanpa bulu ini merupakan spesies hasil persilangan yang dikreasikan oleh Avigdor Cahaner, ilmuwan asal Israel. Ayam telanjang merupakan perpaduan antara ayam broiler dan ras featherless neck (leher tanpa bulu.)
Ide di balik pengembangan ayam telanjang adalah 'menciptakan' ayam yang lebih efisien untuk dibudidayakan di negara-negara beriklim hangat. Selain itu ayam ini bisa meningkatkan efisiensi di tempat-tempat penyembelihan karena tidak memerlukan waktu untuk pencabutan bulu.
 
Ayam silkie
 
 
Silkies adalah sejenis unggas yang indah, tertutup bulu bulu, yang katanya bulunya halus seperti kain sutra, keunikan dari ayam silkie ini selain bulunya yang halus,Kulit mereka adalah warna gelap kebiruan, dagingnya yang berwarna gelap pekat dan tulang dan beberapa organ internal yang gelap pekat.
Meskipun di dunia Barat ayam Silkie yang dijual terutama untuk hewan hias,tapi di negara-negara seperti Cina mereka dianggap makanan super dan berharga sangat mahal.karena ayam Silkie biasanya bagus untuk obat dan telah dipercaya dari dulu sejak abad ketujuh atau kedelapan.

Perempuan Cina mengkonsumsi setelah mereka telah melahirkan untuk mendapatkan dorongan energi, tapi itu juga dikatakan memiliki efek positif pada yin, darah, paru-paru dan perut. Daging Silkie jarang dipanggang. Untuk mengambil keuntungan penuh dari sifat kuratif, Cina terutama menggunakannya untuk membuat kaldu dicampur dengan ginseng.
 
 AYAM ONAGADOR
 
Ayam onagadori
Onagadori merupakan ayam yang unik memiliki ekor panjang yang bisa mencapai 10M. Tidak heran banyak yang menyukai Ayam Onagadori ini di jepang, dan bahkan kaisar jepangpun tertarik sama hewan yang satu ini bahkan juga memeliharanya.
Ayam Onagadori ini mempunyai arti yaitu Unggas paling terhormat, gelar ini merupakan gelar tertinggi yang diberikan terhadap seekor ayam di jepang. Karena ayam ini termasuk ayam unik maka pemerintah jepangpun menjaga dan melestarikannya dan juga memasukannya sebagai unggas yang dilindungi.
Dalam literatur jepang tidak ada laporan terperinci mengenai asal usul dari jenis unggas yang bergelar onagadori ini. masyarakat jepang percaya bahwa bagaimanapun jenis ini terjadi karena hasil mutasi dari peternakan SHOKOKU pada periode Edo (1600-1868) .
Bahkan berdasarkan sejarah lisan menceritakan bahwa Pangeran yang menguasai wilayah Yamanouchi di prefektur kochi yang berada di semenanjung selatan shikoku ini memiliki pelindung kepala dan tombak dari bala tentaranya yang dihiasi dengan bulu bulu ayam yang panjang untuk acara acara khusus dalam rangka menghormati kaisar Teno. Ada kemungkinan asal mula dari ayam onagadori ini berasal dari sebuah peternakan di Shokoku
 
ANCAMAN DAN CARA MENGATASI KEAMANAN PADA AYAM
  1. Ancaman para predator
    Ayam mempunyai musuh yang kapan saja bisa menyantapnya hidup-hidup. Beberapa contohnya adalah tikus, ular, burung elang, burung hantu, anjing. Binatang itu akan senang sekali bila ayam berada diluaran karena mereka tidak mempunyai kesulitan yang berarti ketika akan menerkam mereka dan mereka bisa lebih cepat untuk melarikan diri ketika peternak datang.
    Untuk mengantisipasi, anda dapat melakukan beberapa hal:
  • Menyadari ancaman itu
    Ayam biasanya kan berkotek-kotek ketika ada bahaya datang. Nah, anda sebagai peternak harus peka dengan suara kebisingan yang terdengar tidak seperti biasanya.
  • Memberi komposisi ayam jantan yang cukup
Kebanyakan ayam jantan secara naluriah akan melihat keluar jika melihat predator datang. Dia selalu mengawasi setiap adanya ancaman yang mengganggu.
  • Memiliki kandang portable yang bisa berjalan
    Dengan memiliki kandang portable anda dapat bergerak disekitar areal umbaran dan dapat menjaga ayam sepenuhnyadi area yang terdekat dengan anda.
2. Cuaca
Salah satu bahaya dari ayam yang diumbarkan adalah cuaca yang sering berubah. Sebaiknya anda
mempunyai kandang yang mempunyai naungan, jadi pada saat hujan turun, ayam-ayam anda dapat berteduh dengan tenang didalam kandang.
Jika ayam diumbar resiko lain adalah telur yang tidak menetap disarang telur. Adakalanya ayam meletakkan telur dibawah pohon yang tertutup dedaunan, dibawah tumpukan kayu, dilubang dalam tanah. Jika anda menyimpan telur di kotak sarang dalam minggu pertama atau kedua, kemungkinan saat mereka berada diluar kandang, mereka telah terbiasa meletakkan telur dikotak sarang.
Anda dapat meletakkan kotak sarang diluar kandang walaupun pada tahap awal ada penurunan jumlah telur yang dihasilkan perharinya.

3. Kerusakan tatanan taman
Jika anda memiliki taman yang banyak terdapat bunga, anda perlu menjaganya agar tidak menjadi sasaran tempat menggaruk, mematuk dan tempat bermain debu yang nyaman bagi ayam anda. Usahakan kandang ayam atau tempat ayam mengumbar lokasinya tidak bersebelahan atau berdekatan dengan taman. Dikhawatirkan ayam dapat terbang hingga menyeberang ke taman anda yang asri.
Ayam yang terlalu sering diumbar cenderung sulit untuk diajak masuk ke dalam kandang. Perlu dilakukan pelatihan agar ayam terbiasa masuk kembali ke kandang. Untuk beberapa minggu pertama sebaiknya anda mengurung ayam dalam kandang. Dia juga diajarkan meletakkan telur didalam kotak sarang. Dengan begitu ayam akan tahu bahwa kandang merupakan ‘rumah’nya tempat dia kembali setelah seharian diumbar diluar kandang.

Setelah seminggu berada dikandang, saat sore hari menjelang senja, coba perkenalkan mereka sejenak dengan lingkungan diluar kandang. Bukalah pintu kandang maka mereka akan keluar dengan sendirinya. Saat mereka keluar, pintu biarkan dalam keadaan terbuka sehingga ayam dapat bebas keluar masuk kandang. Dalam beberapa minggu, awasi mereka supaya jangan terlalu jauh berjalan keluar kandang. Setelah terbiasa, mereka akan hafal sehingga jika saat senja tiba, mereka akan bersama-sama masuk kembali ke dalam kandang.

Jika anda ingin mereka pulang ke kandang pada siang hari, anda dapat memanggil mereka dengan panggilan khas ayam.Kur..kur.. bawalah beberapa makanan ayam seperti beras, voer atau BR, jagung giling yang bisa mengundang mereka untuk segera kembali pulang ke kandang. Taburkan beberapa makanan disepanjang jalan agar mereka mengikuti kita. Saat itu biarkan pintu kandang dalam keadaan terbuka. Setelah mereka masuk ke dalam kandang, segera tutup pintu kandang. Perlu beberapa minggu agar mereka terbiasa. Setelah terbiasa, hal itu akan menjadi mudah bagi anda untuk memangil mereka kembali ke kandang.