CARA BUDIDAYA KEONG SAWAH ATAU TUTUT - SEMUA CARA BUDIDAYA HEWAN

Breaking

Sabtu, 16 April 2016

CARA BUDIDAYA KEONG SAWAH ATAU TUTUT

Pemilihan Indukan Keong Sawah

Selain cara pembuatan kolam tempat keong sawah dibudidayakan, cara beternak keong sawah lainnya yang wajib Anda kuasai yaitu cara pemilihan indukan yang akan digunakan dalam pembudidayaan keong sawah. Anda bisa mendapatkan indukan keong sawah dari berbagai tempat diantaranya persawahan, sungai, maupun di tempat irigasi. Untuk keong sawah yang bisa Anda gunakan sebagai indukan, pilihlah keong yang sudah berukuran besar dan cangkangnya tebal yang menandakan bahwa keong sawah tersebut sudah dewasa dan bisa digunakan sebagai indukan.


Pemeliharaan dan Pemberian Makan Keong Sawah

Disamping teknik pemilihan indukan keong untuk digunakan dalam pembudidayaan keong sawah, teknik budidaya keong sawah lain yang harus Anda ketahui yaitu teknik pemeliharaan keong. Dalam memelihara keong sawah, Anda tidak boleh memasukkan garam ke kolam tempat keong tersebut hidup. Hal ini karena keong sawah akan mati jika terkena garam. Selain itu, Anda juga tidak boleh memenuhi air kolam mengingat keong yang juga dikenal luas dengan sebutan keong tutut ini akan menempatkan telurnya di tempat yang tidak terdapat air.

Tancapkan juga beberapa batang kayu di atas kolam dengan tujuan keong sawah Anda akan menempatkan telur-telurnya pada batang kayu tersebut. Sementara itu, untuk pemberian makan, Anda bisa memberi makan keong sawah Anda dengan berbagai jenis daun meskipun Anda juga dapat memberi keong sawah Anda pelet ikan untuk selingan. Jenis-jenis daun yang bisa Anda gunakan dalam pemberian makan keong sawah diantaranya daun talas, daun singkong, daun papaya, dan masih banyak lagi.


  Ciri Betina dan Jantan
Perkembangbiakan pada tutut/keong sawah mengalami seksual atau perkawinan antara tutut jantan dan tutut betina. Untuk membedakan tutut jantan dan tutut betina dapat diamati dari ukuran cangkang dan warna tutut. Biasanya, tutut betina memiliki ukuran cangkang yang lebih besar daripada tutut jantan, serta warna tutut betina lebih cerah sedangkan tutut jantan sedikit lebih gelap.

Pemanenan Keong Tutut atau Keong Sawah

Selain teknik-teknik diatas, teknik beternak lain yang tak kalah penting dalam pembudidayaan keong sawah yaitu teknik pemanenan keong. Untuk memanen keong sawah, ada dua pilihan yaitu memanennya secara keseluruhan dan memanennya secara parsial. Memanen secara keseluruhan berarti memanen semua keong sawah yang Anda budidayakan sementara memanen secara parsial berarti memanen keong yang sudah besar dan cangkangnya sudah tebal saja. Singkat kata, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan dalam melakukan budidaya keong tutut atau keong sawah dan tentu saja, dalam membudidayakan keong sawah, Anda harus selalu menganti air dalam kolam secara berkala supaya kolam tersebut bersih dan keong sawah Anda sehat.