IKAN HIAS JAGUNGAN - SEMUA CARA BUDIDAYA HEWAN

Breaking

Minggu, 28 Februari 2016

IKAN HIAS JAGUNGAN

IKAN JAGUNGAN



 
Moncongnya Panjang
Ikan jagungan yang banyak terdapat di perairan pantai ini termasuk famili Balistidae. Nama latinnya Oxymonacanthus longirostris (oxy artinya tajam, longirostris artinya moncong yang panjang). Sesuai dengan nama Latin-nya, moncong jagungan memang panjang, duri (acanthus) pertama pada sirip punggungnya keras tajam, dengan sebuah duri lain yang sangat kecil, yang digunakan untuk mengunci duri pertama tadi dalam posisi tegak. Mulut jagungan kecil dengan 8 gigi di setiap rahangnya.

Di Indonesia, jagungan banyak ditemui di perairan pantai dan terumbu karang seperti di Kabupaten Seribu, Pangandaran, atau di pantai-pantai sekitar Bali. Gerakannya agak lambat. Ia selalu berenang dengan kepala di bawah dan menyerong ke depan.

Ikan ini paling suka berenang di antara rerumputan, tanaman laut, atau cabang-cabang bunga karang. Kadang-kadang ia hinggap, seolah-olah tersangkut di antara cabang-cabang karang. Hanya matanya saja yang bergerak ke sana kemari untuk memantau situasi di sekelilingnya. Kalau ia sedang istirahat atau sembunyi, posisinya tegak atau menyandar, menyamar sebagai bagian dari tanaman laut atau bunga karang. Sering dalam posisi demikian, jagungan menggerak-gerakkan sirip-siripnya sehingga mengesankan rumput laut yang melambai-lambai.